5 Tips Pengajuan Kredit dan Cek Tagihan BAF dengan Cepat

Kredit merupakan kegiatan keuangan yang sudah umum dilakukan oleh masyarakat. Kredit bisa menjadi solusi bagi mereka yang ingin membeli barang namun tidak memiliki cukup uang.

Dengan cicilan kredit, Anda bisa memiliki barang yang Anda inginkan dengan cicilan yang rendah sehingga menguntungkan. Namun, ternyata ada tips khusus untuk mengajukan kredit di BAF dan cara cek tagihan BAF yang benar.

  1. Lengkapi Berkas-Berkas

Salah satu hal penting yang harus dilakukan agar Anda lolos verifikasi pengajuan kredit ialah melengkapi berkas-berkas sesuai dengan yang diajukan. Di BAF, persyaratan kredit meliputi persyaratan usia, yakni Anda harus sudah berusia minimal 21-60 tahun dan sudah berkeluarga.

Selanjutnya, melampirkan fotokopi kartu keluarga (KK) atau akte nikah, lalu fotokopi juga Pajak Bumi Bangunan (PBB) selama 2 tahun terakhir. Tak lupa berikan juga catatan rekening listrik selama 6 bulan terakhir.

Kemudian fotokopi kartu identitas pribadi dan pasangan Anda seperti KTP, SIM atau Paspor. Setelah menyetujui dan menepati persyaratan tersebut, Anda hanya perlu menunggu waktu 2x24jam untuk verifikasi dan pengecekan petugas.

Apabila pengajuan kredit motor Anda diterima, maka motor impian Anda sudah bisa langsung diantarkan ke rumah Anda dan langsung bisa digunakan. Tentunya persyaratan kredit setiap perusahaan berbeda-beda tergantung kebijakan dan ketentuan masing-masing perusahaan.

Ada beberapa perusahaan yang mengharuskan Anda untuk melampirkan slip gaji atau surat keterangan kerja, surat domisili, hingga surat kematian dll. Apabila Anda melengkapi persyaratan tersebut dengan penuh ketelitian maka Anda akan mudah lolos dari verifikasi petugas kredit.

  1. Cek Tagihan BAF

Ada beberapa cara untuk mengecek tagihan angsuran kredit motor Anda. Beberapa di antaranya ialah mendatangi kantor cabang BAF terdekat di rumah Anda, mendatangi petugas BAF yang berada di dealer Yamaha, mengunduh aplikasi BAF Mobile di ponsel Android atau IOS Anda dan mengecek melalui marketplace Blibli.

Cara-cara tersebut bisa Anda sesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan Anda. BAF memberikan banyak kemudahan untuk Anda bertransaksi dan cek tagihan. Sehingga tidak perlu khawatir apabila telat atau melampau pembayaran jatuh tempo. Karena BAF akan menginformasikannya secara terus menerus.

  1. Jaga Nama Baik agar Tidak Di-blacklist

Jika nama Anda sudah masuk dalam daftar hitam perusahaan maka akan sulit untuk mengajukan kredit di perusahaan lain. Sebab citra Anda sudah buruk di kalangan petugas bank. Sehingga ada baiknya jika Anda mematuhi ketentuan dan peraturan kredit agar tidak di-blacklist oleh pihak bank.

Dan pikirkan juga apa yang membuat Anda masuk dalam daftar hitam bank? Apakah pembayaran angsuran yang selalu telat? Jika ya, intropeksilah, mengapa pembayaran angsuran bisa telat? Apakah ternyata pengeluaran bulanan Anda lebih besar pasak daripada tiang? Hal-hal seperti ini juga harus dipertimbangkan sebelum mengajukan kredit.

  1. Punya Penghasilan Tetap

Ini adalah persyaratan penting lainnya yang harus Anda lengkapi. Sebab, apabila persyaratan yang lain sudah Anda penuhi namun ternyata Anda tidak memiliki penghasilan tetap maka pengajuan kredit akan sulit untuk disetujui.

Setidaknya Anda harus bekerja minimal 3 bulan sebelum mengajukan kredit. Sehingga kondisi perekonomian mulai stabil dan sudah dirasa mampu membayar cicilan kartu kredit.

  1. Perhatikan Batas Usia

Batas minimal seseorang bisa mengajukan kredit ialah ketika mereka berusia 21 tahun dan batas maksimal seseorang ketika mengajukan kredit ialah 60 tahun. Jika Anda belum berusia 21 tahun namun ingin mengajukan kredit, maka bisa menggunakan nama orang tua yang usianya maksimal 60 tahun.

Jika Anda ingin membayar tagihan angsuran kartu kredit bisa menggunakan Blibli sebagai perantara pembayaran. Tak hanya membayar angsuran, Blibli juga bisa digunakan untuk cek tagihan BAF.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *