Cara Pendinginan yang Benar Setelah Melakukan Olahraga

Setelah melakukan olahraga, Anda dianjurkan untuk melakukan pendinginan atau cool down. Arti cooling down yaitu gerakan pendinginan tentang dilakukan agar bisa mencegah rasa sakit pada otot tubuh setelah melakukan olahraga.

Melakukan pemanasan sebelum melakukan olahraga sangat dianjurkan, hal ini bertujuan untuk meregangkan otot supaya tidak merasa nyeri setelahnya. Cooling down tidak hanya digunakan untuk mencegah rasa sakit pada otot tubuh saja, akan tetapi cooling down juga berguna untuk merelaksasikan otot pada tubuh.

Untuk melakukan cooling down, Anda dapat melakukan beberapa gerakan yang sangat tepat untuk Anda lakukan setelah berolahraga. Untuk mengetahui apa saja gerakan yang bisa untuk Anda lakukan, simak ulasan berikut ini:

  1. Gerakan Seated Hamstring Stretch

Arti cooling downgerakan seated hamstring stretch yaitu dengan mengawalinya duduk di atas matras. Anda bisa memposisikan kedua kaki ke arah depan, lalu posisikan dada supaya bisa mengarah ke bagian depan maupun kedua bahu pada arah ke belakang. Kemudian raih ujung jari jempol lalu tahan sampai 45 detik.

  1. Gerakan Quad Stretch

Gerakan ini bisa Anda lakukan denga cara memposisikan diri untuk berdiri lalu kedua lengan dan kaki ditaruh pada sisi badan. Gunakan meja atau kursi jika mengalami permasalahan perihal keseimbangan.Genggam kaki kanan menggunakan tanga kiri dengan posisi dibelakang.

Lakukan gerakan ini dan tahan hingga 45 detik. Setelah selesai, Anda bisa melakukan langkah yang sama dengan menggunakan kaki yang satunya.

  1. Gerakan Shoulder Stretch

Gerakan shoulder stretch dapat dilakukan dengan menarik lengan kanan menyilang dan melewati sampai Anda bisa merasa ada tarikan yang membuat Anda merasa nyaman. Anda bisa menahan gerakan ini sampai 45 detik. Lakukan gerakan yang sama pada tangan kiri Anda.

  1. Gerakan Arm Stretch

Melalui gerakan pemanasan arm stretch, Anda bisa memposisikan diri Anda dengan berdiri menggunakan kedua kaki. Kemudian posisikan dada menghadap arah depan lalu arahkan bahu menghadap ke belakang.

Anda bisa menjulurkan lengan tangan ke atas, lalu jatuhkan pada arah belakang kepala.Anda bisa menggunakan lengan bagian kiri agar bisa menahan bagian siku untuk memposisikan diri seperti di awal.Tahan gerakan ini hingga 45 detik lalu ulangi gerakan ini menggunakan lengan yang satunya.

  1. Gerakan Sky Stretch

Gerakan ini sangatlah mudah untuk dilakukan, karena Anda bisa memposisikan diri denga cara berdiri menggunakan kedua kaki, lalu mengangkat lengan ke arah atas. Tahan gerakan ini sampai dengan 15 detik.Anda bisa mengulangi gerakan ini hingga 3 kali.

Melakukan pendinginan sangatlah baik dilakukan setelah selesai melakukan olahraga.Perlu Anda ketahui, setelah selesai olahraga, Anda dilarang mandi, karena jika Anda masih berkeringat dan langsung mandi, maka hal ini tidaklah baik untuk kesehatan.

Sedangkan waktu mandi yang baik yaitu setelah keringat Anda kering.Melalui gerakan pendinginan, maka tubuh akan merasa lebih tenang. Karena mengingat bahwa saat melakukan olahraga, maka detak jantung dan tekanan darah akan meningkat, hal ini menimbulkan tubuh menjadi bergejolak.

Melalui gerakan pendinginan, maka akan membantu suhu tubuh supaya bisa normal kembali dan tekanan darah pun juga bisa menurun. Apabila Anda tidak melakukan pendinginan, maka suhu tubuh menjadi dingin, hal ini bisa menimbulkan rasa sakit keesokan harinya.Oleh karena itu, setelah selesai olahraga, lakukan gerakan pendinginan dan perhatikan juga waktu mandi yang baik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *