Hal yang Menyebabkan Knalpot Motor Cepat Rusak

Knalpot atau muffler memiliki fungsi yang cukup krusial dalam kendaraan bermotor. Suara hasil ledakan di ruang bahan bakar mesin akan diredakan oleh muffler dalam mendukung performa sebuah kendaraan. Namun ada beberapa hal yang dapat menyebabkan bagian krusial ini menjadi cepat rusak, apa saja penyebabnya? Berikut pembahasannya.

Penyebab Muffler Cepat Rusak

Kinerja muffler yang rusak dapat mengganggu performa maupun kondisi sepeda motor karena fungsinya yang cukup krusial. Agar muffler tidak mudah rusak, sebaiknya Anda memahami penyebab utama terjadinya kebocoran muffler berikut ini.

Karat pada Muffler

Pemicu utama kerusakan pada muffler disebabkan karena terjadinya karat pada bagian muffler. Umumnya karat pada muffler disebabkan karena adanya kotoran bercampur air yang melekat terlalu lama pada muffler dan menyebabkan korosi. Jika tidak segera diatasi hal ini tidak hanya dapat menyebabkan kebocoran tapi juga beresiko menyebabkan lubang yang lebih besar.

Pengendapan air pada sistem pembuangan juga bisa menjadi penyebab terjadinya karat pada bagian muffer. Pengendapan air ini umumnya disebabkan karena sering berjalan dalam kecepatan rendah atau sering melakukan idling atau stationer. Pastikan Anda selalu membersihkan muffler agar kotoran yang menempel tidak menjadi karat.

Modifikasi Muffler

Sebenarnya modifikasi muffler tidak menyebabkan masalah pada muffler, tetapi modifikasi yang dilakukan secara tidak benar dapat menyebabkan muffler mudah bocor dan rusak. Selain proses penggantian muffler, pemilihan muffler yang tidak orisinil juga bisa mempercepat kerusakan.

Sebagai tindak pencegahan Anda bisa memilih bahan muffler yang tidak mudah karat, seperti Sakura Muffler R-15 yang terbuat dari bahan karbon (stainless) yang tidak mudah berkarat. Selain itu pastikan Anda mengganti muffler di bengkel yang memang memiliki spesialisasi dibidang muffler agar proses modifikasinya terjamin.

Kondensasi

Kondensasi merupakan kondisi dimana temperature bagian luar dan bagian dalam knalpot  berbeda. Temperatur yang berbeda ini dapat memicu munculnya karat pada sistem pembuangan ini. Kondensasi umumnya disebabkan oleh endapan air pada bagian muffler dan lingkungan yang bisa memicu kondensasi seperti daerah pantai yang memiliki kadar garam tinggi.

Efek Muffler yang Bocor atau Rusak

Muffler pada kendaraan bukan hanya sekedar mempercantik kendaraan, tetapi memiliki fungsi tertentu. Ketika terjadi kebocoran, tentunya fungsinya akan terganggu dan berpengaruh terhadap performa kendaraan, seperti bahan bakar menjadi boros, suara mesin motor menjadi kasar, tarikan motor tersendat, proses pembakaran tidak optimal, overheat dan kehilangan kompresi.

Kebocoran pada muffler menyebabkan gangguan proses pembuangan yang berakibat tidak optimalnya campuran bahan bakar dan udara yang menyebabkan proses pembakaran tidak berjalan dengan baik sehingga performa yang dihasilkan menjadi kurang optimal. proses pembakaran yang kurang efisien tentunya menyebabkan bahan bakar menjadi lebih boros.

Proses pembakaran yang kurang optimal dan banyaknya bahan bakar serta gas yang dibuang dapat menyebabkan motor rentan mengalami overheat. Selain itu kebocoran tersebut juga dapat menyebabkan motor kehilangan kompresi sehingga tenaga yang dihasilkan tidak maksimal. Ketidakmampuan motor menghasilkan tenaga, ditandai dengan tarikan motor tersendat.

Fungsi utama muffler sebagai peredam suara ledakan yang dihasilkan oleh mesin. Ketika terjadi kebocoran maka muffler akan menghasilkan suara mesin yang kasar karena tidak tersaring dengan baik. Kebocoran ini juga dapat menyebabkan keluarnya gas buangan dari lubang yang tidak semestinya sehingga terjadi letupan-letupan pada muffler.

Itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan knalpot atau muffler mudah rusak dan bocor. Guna menghindari hal tersebut, selalu bersihkan muffler secara rutin dan gunakan suku cadang serta muffler yang orisinil. Muffler dab berbagai suku cadang orisinil lainnya bisa Anda dapatkan di yamaha-motor.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *