Perhatikan 5 Hal Penting Ini saat Service AC Mobil

AC mobil memiliki peran penting dalam memberikan kenyamanan bagi pengendara ataupun penumpang mobil, terlebih di tengah cuaca yang panas. Oleh karena itu, kerusakan AC harus segera diatasi dengan membawanya pada jasa service AC mobil. Namun, Anda harus memperhatikan beberapa hal ini saat dilakukan perbaikan.

  1. Perhatikan Spare Part atau Komponen yang Akan Diganti

Montir nakal biasanya akan mengganti suku cadang tanpa sepengetahuan pemiliknya untuk meningkatkan biaya service-nya. Inilah mengapa Anda harus memperhatikan kinerja para montir dan perhatikan komponen AC mobil mana saja yang diganti karena nantinya akan berpengaruh terhadap biaya service yang harus dibayar.

  1. Mintalah Penjelasan pada Montir

Meskipun kerusakan pada AC sudah ditangani oleh montir, tidak ada salahnya jika Anda menanyakan bagaimana kondisi AC mobil, apa penyebabnya, perbaikan seperti apa yang sudah dilakukan dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan kinerja AC. Montir yang baik pastinya bersedia menjelaskannya secara jelas dan detail.

  1. Pastikan Spare Parts Asli

Apabila memang diperlukan pergantian spare parts pada AC mobil, maka Anda harus memastikan bahwa spare parts tersebut asli atau original. Hal ini dikarenakan, produk asli biasanya memiliki kualitas yang lebih baik dan sesuai dengan kondisi AC mobil sehingga lebih awet, hanya saja harganya pasti lebih mahal.

  1. Cari Informasi mengenai Harga Spare Parts

Sebelum Anda membayar biaya penggantian spare parts, ada baiknya jika Anda mencari informasi terlebih dahulu mengenai harga dari spare parts tersebut. Harga ini bisa menjadi patokan bagi Anda untuk mengetahui, apakah biaya yang diberikan normal adanya atau ada permainan montir yang nakal.

  1. Nyalakan AC sebelum Anda Meninggalkan Bengkel

Jika service sudah selesai dilakukan, maka jangan langsung membawanya pulang. Anda harus mencoba kondisi AC terlebih dahulu, apakah benar sudah baik atau masih ada yang kurang. Hal ini sebagai antisipasi jika nantinya ada masalah maka klaim garansi bisa dilakukan dengan cepat dan mudah.

Demikian informasi mengenai hal penting yang harus diperhatikan saat memperbaiki AC mobil di jasa service. Sebagai konsumen yang cerdas, Anda harus tahu apa yang dilakukan oleh para montir terhadap mobil Anda, meskipun tidak bisa detail. Hal ini akan membantu Anda terhindar dari bengkel AC mobil yang nakal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *