Bagaimana Menentukan Genset Sesuai Kebutuhan

Genset atau yang biasa kita sebut dengan genset adalah mesin yang terdiri dari generator (pembangkit listrik) dengan mesin penggerak yang dibuat menjadi satu kesatuan untuk menghasilkan tenaga listrik dengan daya tertentu. Prinsip kerja dari generator adalah mengubah energi kinetik menjadi energi listrik.

Generator Listrik / Genset ditemukan pertama kali oleh Michael Faraday tahun 1831. Saat itu, generator listrik pertama kali dibuat dalam bentuk kawat besi berbentuk huruf “U” yang dililitkan ke gulungan kawat. Generator ini dikenal dengan sebutan generator cakram faraday. Ada 2 komponen utama pada genset /generator listrik yaitu bagian yang diam (stator) dan bagian yang bergerak (rotor). Rotor akan selalu berhubungan dengan poros generator yang memutari pusat stator. Lalu poros generator listrik tersebut biasanya diputar menggunakan turbin air ataupun turbin uap. 

  1. Hitung kebutuhan daya

Kapasitas genset bermacam-macam. Untuk memutuskan seberapa besar kapasitas yang akan Anda beli, Anda perlu untuk menghitung besarnya daya yang dibutuhkan rumah atau kantor Anda. KW atau kilo watt adalah perhitungan daya listrik PLN, sementara genset pada umumnya menggunakan menggunakan kapasitas daya dengan satuan kVa. 1 kVa setara dengan 0,8 kW atau 800 Watt. Jika rumah atau kantor Anda menghasilkan daya 2000 Watt, (20000/0.8=2,5 kVa) maka Anda butuh minimal 2,5 kVa.

  1. Pilih genset dengan daya di atas kebutuhan Anda

Untuk menjaga agar mesin tetap awet serta mengurangi hal-hal di luar perhitungan, sebaiknya Anda membeli genset di atas kapasitas yang Anda hitung. Pilihlah genset di atas daya yang Anda butuhkan.

  1. Perhatikan Kualitas dan Harga Genset

Beli lah genset yang sudah terjamin kualitasnya. Cari lah genset dengan kisaran harga yang sesuai budget Anda. Tetapi, murah belum tentu bagus. Anda juga perlu memperhatikan kualitas genset yang akan Anda beli. Carilah review, spesifikasi, dan reputasi penjual genset. Termasuk Cara Perawatan Genset yang mudah. Pelajari produk genset yang akan Anda beli terlebih dahulu sehingga Anda tidak akan salah pilih dalam membeli.

  1. Perhatikan Purna Jualnya

Jika Anda sudah tahu produk genset yang akan Anda beli, selanjutnya Anda perlu menentukan di mana Anda akan membeli genset. Pilihlah penjual genset yang menyediakan layanan purna jual. Setiap penjual menawarkan jasa purna jual yang berbeda. Pilihlah yang memiliki layanan service dan garansi. Selain itu, pilih penjual genset yang juga menyediakan spare part genset yang ready stock. Sehingga jika Anda mengalami masalah, akan cepat untuk teratasi.

  1. Konsultasi

Apabila Anda baru pertama kali membeli genset, sering kali perhitungan Anda meleset. Apalagi jika terdapat istilah yang tidak Anda mengerti. Jika Anda masih ragu soal genset apa yang harus Anda beli, lakukan konsultasi dengan ahlinya. Hubungi kontak penjual genset yang Anda percayakan dan jelaskan kebutuhan listrik Anda. Hal ini dilakukan agar dapat lebih yakin dengan produk yang akan Anda beli.

 

Anda sudah tahu bukan bagimana cara menentukan genset sesuai dengan kebutuhan. Jika anda membutuhkan rental genset disinilah tempatnya Sewatama dipastikan genset yang anda butuhkan tersedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *