Cara Mudah Menggunakan Masker Rambut Salon di Rumah

Rambut merupakan bagian yang perlu dilakukan perawatan, apalagi bagi anita untuk bisa terlihat cantic di depan suaminya. Salah satu perawatan rambut yang bisa dilakukan adalah masker rambut salon. Anda bisa melakukan masker rambut ini di rumah. Berikut cara mudah untuk menggunakan masker rambut.

  1. Waktu Penggunaan

Sekalipun untuk perawatan rambut tetap harus memperhatikan waktu penggunaannya karena jika terlalu sering bisa menyebabkan kerusakan. Waktu penggunaan yang tepat adalah satu minggu sekali untuk bisa menjaga kelembaban rambut.

  1. Bersihkan Rambut

Sebelum menggunakan masker rambut Anda terlebih dahulu membersihkan rambut dan memastikan rambut dalam keadaan kering. Sisir rambut agar tidak ada kotoran yang tersangkut di rambut dan rambut tidak kusut. Proses pemakaian masker akan menjadi lebih mudah dan mulus.

  1. Dioleskan

Carilah masker yang manfaatnya memang sesuai dengan kebutuhan agar perawatan rambut bisa optimal. Cara penggunaan masker dengan dioleskan pada rambut yang kering. Gunakan kuas agar saat mengoleskannya bisa merata. Diamkan masker rambut salon yang sudah dioles tersebut selama 15 menit atau 20 menit.

Pastikan Anda mengoleskan masker dari akar rambut sampai ke bagian ujung rambut. Masker akan menyerap ke dalam rambut dan hasilnya akan lebih optimal sambil melakukan pijatan di kepala secara perlahan. Anda bisa meminta bantuan keluarga lainnya untuk melakukannya.

Pemakaian sambil dipijat ini memang selalu dilakukan di salon-salon tujuannya untuk membuat peredaran darah menjadi lancar, sehingga penyerapan nutrisi pun maksimal. Pengolesan masker rambut ini disarankan untuk dilakukan sebelum Anda keramas di pagi atau sore hari sesuai dengan waktu yang dimiliki.

  1. Tutup Rambut

Setelah pengolesan masker rambut agar hasilnya lebih optimal maka tutupi rambut dengan topi mandi atau syal. Setelah waktu tunggunya habis, Anda bisa langsung membilas masker rambut tersebut sampai bersih. Tutup rambut ini bisa dibeli di tempat jual maskernya, terlebih untuk masker rambut yang penggunaannya memerlukan waktu lebih lama.

Anda bisa juga menutup rambut yang telah dioleskan masker dengan menggunakan handuk hangat. Tujuannya agar proses penyerapan nutrisi dari kandungan yang ada di dalam rambut bisa lebih cepat masuk ke dalam kulit kepala atau pun batang rambut.

  1. Bilas dengan Air Dingin

Jangan ragu saat melakukan masker rambut Anda harus memperhatikan cara pemakaiannya dengan benar. Setelah pengolesan masker cara berikutnya adalah melakukan bilas masker rambut dengan menggunakan air dingin.

Manfaat air dingin ini untuk menutup bagian pori-pori di kulit kepala. Jangan menggunakan air panas untuk bilas masker karena bisa memicu terjadinya kerontokkan pada rambut. Bilas rambut sampai benar-benar bersih atau rambut tidak terasa lepek. Jika tidak bersih membilas masker risikonya jauh lebih buruk seperti menyebabkan timbulnya kerak kepala atau ketombe.

  1. Keringkan

Setelah Anda membilasnya hingga bersih keringkan kepala dengan menggunakan handuk yang menyerap. Pastikan tidak ada lagi air yang menitik dari rambut. Setelah itu gunakan pengering rambut agar rambut bisa kering secara merata.

Jangan membungkus rambut dengan handuk saat mengeringkannya karena bisa membuat rambut menjadi mudah rontok. Setelah rambut dirasa sudah kering, barulah Anda bisa menyisirnya dengan perlahan-lahan. Gunakan sisir yang sesuai agar rambut tidak kusut.

Anda bisa menerapkan cara menggunakan masker rambut salon dengan mudahnya di rumah. Cukup menyisihkan waktu lebih kurang dua jam seperti yang digunakan saat memasker rambut di salon. Pastikan Anda sudah memilih jenis masker rambut yang sesuai jenis rambut. Gunakan takaran yang sesuai saat memasker rambut agar hasilnya bisa optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *