Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menyiapkan MPASI 8 Bulan

Semua orang tua tentunya ingin memberikan yang terbaik untuk sang buah hati tercinta. Terlebih lagi saat menyiapkan makanan pendamping ASI saat usianya sudah menginjak 6 hingga 12 bulan. Terlebih lagi masa ini terbilang cukup rawan untuk pertumbuhan sang buah hati. Nah berikut merupakan beberapa kesalahan yang wajib Anda hindari saat menyiapkan MPASI 8 bulan.

Kurang Higienis

Masalah yang satu ini sering kali dianggap remeh oleh banyakan orang tua. Padahal sebenarnya salah satu syarat MPASI 8 bulan yang baik dan benar adalah selama proses penyiapan, penyimpanan, dan waktu pemberian. Jadi pastikan Anda selalu memperhatikan ketiga proses tersebut ketika hendak menyiapkan makanan pendamping ASI untuk sang buah hati.

Hal yang satu ini tentunya tak terlepas dari daya tahan tubuh si kecil yang terbilang masih cukup rentan. Untuk itu makanan dan peralatan makan sang buah hati yang kurang bersih dapat membuat si kecil kemasukan kuman penyakit yang dapat mengganggu saluran pencernaan si kecil. Jadi pastikan Anda selalu menjaga kebersihan peralatan makan si kecil selama menyiapkan MPASI.

Tekstur dan Konsistensi Makanan yang Tidak Sesuai

Biasanya kebanyakan orang tua tidak terlalu memperhatikan tahapan tekstur dan konsistensi MPASI yang diberikan kepada sang buah hati. Padahal sebenarnya poin yang satu ini cukup penting untuk diperhatikan. Mengapa? Pasalnya kemampuan dasar bayi berhubungan langsung dengan gerakan mulut si kecil dan bayi akan berkembang berbeda di setiap pertumbuhan usianya.

Sebenarnya tak ada urutan khusus dalam pengenalan jenis makanan yang akan diberikan kepada sang buah hati. Kunci utamanya adalah membuat makanan yang bergizi, aman, dan memiliki tekstur yang sesuai untuk si kecil. Tekstur yang konsisten sendiri bisa Anda mulai dari tekstur yang lembut, halus, dan masih agak encer yang berubah menjadi kental, padat, dan kasar.

Nutrisi yang Tidak Seimbang Dalam Menu Makanan

Ketika usia si kecil sudah mulai menginjak 6 bulan, tentunya kebutuhan nutrisi si kecil tak bisa tercukupi hanya dengan ASI saja. Tak hanya itu saja, kemampuan makan si kecil juga akan terus berkembang dan menunjukkan minat terhadap makanan dalam bentuk lain. Jadi sangat penting bagi Anda untuk memilih menu makanan yang sesuai.

Perlu untuk Anda perhatikan bahwa menu MPASI harus memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil melebihi ASI. Mulai dari lemak, energi, protein, buah, dan berbagai nutrisi penting lainnya. selain itu, pastikan Anda juga memperhatikan keamanan gizi dan tekstur yang sesuai dengan kemampuan bayi. Selain itu jangan lupa untuk membuat variasi MPASI agar si kecil tak mudah bosan.

Salah Memperkenalkan Jenis Makanan

Biasanya orang tua cenderung tidak sabar memperkenalkan semua jenis makanan pada sang buah hati hingga Anda sering lupa jika si kecil masih dalam proses belajar mengenal makanan. pastikan Anda memperkenalkan satu per satu jenis makanan sebelum memberikan makanan campuran untuk si kecil. Mulailah dengan jumlah yang sedikit dan terus meningkat secara bertahap.

Selain itu, pastikan Anda beri jarak 2 hingga 3 hari. Namun jika si kecil memiliki riwayat alergi, berilah jarak 4 hingga 7 hari. Ada baiknya Anda memberikan menu MPASI di pagi hari, jadi jika terjadi reaksi alergi Anda masih memiliki cukup waktu untuk mengatasinya.

Nah di atas merupakan beberapa kesalahan yang wajib Anda hindari saat memberikan menu MPASI kepada sang buah hati. Selain itu pastikan Anda memperhatikan cara penyiapannya dengan baik dan benar. Pilihlah menu MPASI 8 bulan dari bahan-bahan yang bergizi tinggi agar nutrisi si kecil dapat terpenuhi dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *