Pertimbangkan 7 Hal Penting Ini Saat Memilih Jasa Pengiriman Kargo

Saat ini, kebutuhan akan jasa pengiriman kargo begitu meningkat pesat. Apalagi dengan makin meningkatnya arus jual beli online, membuat pengiriman barang baik dari dalam maupun ke luar negeri mengalami kenaikan. Agar Anda tak kecewa dengan layanan pengiriman kargo, pertimbangkan dulu 7 hal di bawah ini sebelum memilihnya untuk mengantarkan barang Anda.

  1. Area yang Tercakup dalam Wilayah Pengiriman Kargo

Sebelum menggunakan jasa pengiriman barang atau kargo, baiknya Anda cari tahu dulu jangkauan area yang tercakup dalam wilayah pengiriman kargo tersebut. Apalagi misalnya jika Anda merupakan seorang pedagang, yang memiliki konsumen dengan alamat yang terbilang jauh dari pusat kota. Pastikan jasa pengiriman yang Anda pilih, bisa menjangkau area konsumen Anda tersebut.

Begitu pun misalnya jika pengiriman kargo yang Anda lakukan tak hanya mencakup dalam negeri saja, melainkan juga luar negeri. Tentu akan lebih baik jika jasa pengiriman tersebut telah bekerja sama dengan jasa pengiriman di luar negeri untuk mengantarkan kargo ke alamat yang dituju. Makin luas jangkauan wilayah pengiriman, maka akan semakin bagus.

  1. Jangka Waktu Pengiriman Kargo

Waktu pengiriman kargo merupakan hal yang sangat krusial sifatnya jika membicarakan tentang jasa pengiriman atau ekspedisi. Maka dari itu, pastikan jasa pengiriman yang Anda pilih tepat waktu dalam mengantarkan kargo kepada konsumen. Tanyakan langsung pada penyedia jasa pengiriman, berapa lama waktu pengiriman yang dibutuhkan, baik itu pengiriman ekspres maupun reguler.

  1. Moda Transportasi yang Digunakan untuk Mengirim Barang

Semakin banyak moda transportasi yang dimiliki oleh perusahaan penyedia jasa pengiriman kargo, tentu akan semakin bagus. Baiknya, Anda pilih jasa pengiriman yang memakai kapal serta pesawat terbang, untuk memastikan kargo yang Anda kirim sampai ke alamat yang dituju. Jangan sampai karena ketidaktersediaan armada pengangkut, membuat barang harus ditumpuk lama di gudang.

  1. Akses Tracking Barang yang Praktis

Baik pengirim maupun penerima kargo, tentu ingin mengetahui informasi terkait perjalanan barang yang dikirim tersebut. Maka dari itu, akses untuk tracking posisi kargo sangat dibutuhkan. Pilihlah penyedia jasa pengiriman yang memberikan akses praktis dan mudah bagi Anda untuk mengetahui posisi barang yang dikirim, misalnya via situs atau aplikasi.

  1. Tarif yang Diberlakukan

Tarif atau harga yang diberlakukan untuk pengiriman kargo tentu tak bisa Anda abaikan begitu saja. Misalnya Anda sebagai seorang penjual, tentu harus mempertimbangkan dana masuk dan keluar dari setiap aktivitas dagang yang Anda lakukan. Tak masalah jika Anda membandingkan dulu beberapa jasa pengiriman, untuk memilih salah satu dengan tarif yang paling pas menurut Anda.

  1. Garansi yang Diberikan untuk Pengiriman Kargo

Pilihlah jasa pengiriman yang memberikan garansi atau jaminan atas barang yang Anda kirim. Bayangkan saja jika tak ada garansi, Anda bisa mengalami kerugian, padahal kesalahan terjadi misalnya saat bongkar dan muat kargo. Dengan adanya garansi, maka barang yang Anda kirimkan akan aman hingga sampai ke alamat tujuan.

  1. Promosi Khusus yang Diberikan

Adanya promosi khusus yang diberikan oleh penyedia jasa pengiriman, jangan sampai Anda lewatkan begitu saja. Misalnya promosi yang diberikan berupa potongan harga pengiriman, jika berat kargo yang Anda kirim melebihi batas berat yang ditentukan. Adanya promosi ini bisa memangkas dana pengiriman, sehingga keuntungan Anda bisa bertambah.

Cermat dalam memilih jasa pengiriman kargo, tak hanya akan menguntungkan pelanggan saja, namun juga Anda sebagai penjual yang mengirimnya. Makanya, jangan asal jasa dalam memilih jasa pengiriman barang atau ekspedisi. Pertimbangkan semua hal yang dianggap penting, seperti area pengiriman, tarif, serta garansi yang diberikan oleh jasa pengiriman tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *