Tips Tepat Merawat Kebaya Kutu Baru agar Tetap Terlihat Baru

Kebaya kutu baru sangat elegan untuk mewujudkan penampilan all out dengan busana tradisional. Outfit yang satu ini sangat direkomendasikan karena punya banyak desain, warna, dan corak. Tambahan aksesoris cantik pun bisa dipadukan dengan pas di kebaya modern yang simpel ini. Akan tetapi, Anda tetap harus memperhatikan perawatan kebaya ini agar tetap terlihat baru.

  1. Mencuci Kebaya dengan Tangan

Salah satu faktor yang menurunkan kualitas kebaya adalah kesalahan dalam mencuci. Inilah faktor yang paling dominan. Hal ini disebabkan karena tidak semua orang mengetahui cara yang benar dalam mencuci atau karena malas menerapkan cara yang benar. Bagaimanapun juga, Anda harus tetap mengetahui dan mempraktikkan cara mencuci kebaya yang benar.

Kebaya mempunyai bahan yang berbeda dengan pakaian lain. Bahan kebaya yang cenderung lebih tipis, punya banyak renda, serta beberapa brokat yang mudah robek, tentu akan rusak jika dicuci dengan mesin. Jadi, dianjurkan agar mencuci kebaya kutu dengan tangan. Tak hanya itu, warna dan tekstur kebaya akan berubah bentuk apabila dicuci dengan mesin.

  1. Menggunakan Deterjen Cair

Masih berkaitan dengan cara mencuci kebaya. Anda harus mencuci kebaya kutu menggunakan deterjen cair. Mengapa? Deterjen cair ini merupakan bahan terbaik untuk mencuci karena tidak menimbulkan flek putih pada kebaya ataupun melunturkan warna kebaya. Jadi, risiko adanya residu atau sisa sabun bisa diminimalisir.

  1. Menghindari Pemakaian Pemutih

Tips tepat berikutnya adalah menghindari pemakaian pemutih. Meskipun sangat mudah menghilangkan noda dengan pemutih, jangan sampai Anda menggunakannya ketika mencuci kebaya. Pasalnya, pemutih akan menghilangkan sebagian warna, memudarkan warna, ataupun mengubah warna kebaya.

Serat kain serta tekstur kebaya juga akan berubah akibat efek zat kimia yang berasal dari bahan pemutih tersebut. Jika hal ini disepelekan, maka akan merugikan Anda. kebaya kutu tidak lagi seindah ketika baru, bahkan tidak lagi pantas untuk dipakai.

  1. Menjemur Kebaya di Tempat yang Teduh

Agar tetap seperti baru, kebaya kutu baru juga harus dijemur di tempat yang teduh. Hal ini berkaitan dengan warna kebaya agar tetap tahan lama dan tidak cepat memudar. Oleh karena itu, tetaplah merawat kebaya dengan memperhatikan tempat untuk menjemurnya. Jemurlah kebaya di tempat yang teduh dan tidak berangin sampai kering sempurna.

  1. Melapisi Kebaya dengan Kain Saat Disetrika

Setelah kering, kebaya kutu bisa disetrika agar tetap rapi dan serat kain yang mengembang karena kering bisa kembali seperti semula. Akan tetapi, Anda harus melapisi kebaya dengan kain terlebih dahulu sebelum ditimpa dengan setrika. Tujuannya adalah agar warnanya tidak pudar karena efek panas dari setrika. Hindari pula suhu yang tinggi.

  1. Menyimpan Kebaya dengan Cara Digantung

Penyimpanan kebaya juga harus diperhatikan agar tidak kusut. Setelah disetrika, Anda harus menyimpan kebaya dengan cara digantung agar tetap rapi, lurus, dan tidak tertumpuk dengan pakaian lain. Dengan demikian, kebaya akan selalu siap pakai.

  1. Menghindari Penyemprotan Parfum Secara Langsung

Menjaga kebaya agar tetap wangi dengan pemberian parfum memang harus dilakukan, namun dengan cara yang benar. Pemakaian parfum untuk kebaya kutu juga harus diperhatikan karena tentu berbeda dengan pakaian lain.

Anda bisa menyemprotkan parfum dari jarak lebih jauh agar bahan kimianya tidak merusak serat kebaya. Gunakan pewangi pakaian pada bilasan terakhir untuk menambah bau harum pada kebaya. Lebih dari itu, bau harum dari pewangi juga lebih tahan lama.

Penampilan elegan dengan busana tradisional dapat dipenuhi dengan kebaya kutu baru. Beberapa langkah perawatan kebaya di atas sangat mendukung penampilan Anda. Bagaimana tidak, kebaya kutu yang sudah lama tetap cantik dan masih terlihat seperti baru ketika dirawat dengan tips di atas. Karenanya, koleksi Anda akan tetap aman dan selalu siap pakai. Tunggu apalagi? Cobalah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *